Next Post

Profile Kamala Haris Wakil Presiden Perempuan Pertama Amerika Serikat

Kamala_Harris

Delaware, Amerika Serikat, ABIM (8/11/2020) – Joe Biden dan Kamala Harris melakukan pidato kemenangan pada pagi ini, waktu Indonesia atau sekitar pukul 20.00 waktu setempat tadi malam.

Pasangan yang dinyatakan menjadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) yang akan menjabat sampai 2025 ini mengucapkan terima kasih kepada warga AS atas kepercayaan yang diterima keduanya.

Pada kesempatan itu pula, sang Wakil Presiden Kumala Harris menyampaikan tentang terbuktinya perjuangan wanita yang berani memulai sejarah baru di Amerika Serikat.

Saya mungkin wanita pertama, tapi saya tidak akan menjadi yang terakhir,” kata Harris saat memberikan pidato kemenangan di Delaware, Minggu (8/11/2020).

Karena setiap gadis kecil yang menonton malam ini melihat bahwa ini adalah negara yang penuh peluang dan bagi anak-anak negara kami terlepas dari jenis kelamin Anda. AS mengirimkan pesan yang jelas kepada Anda: Bermimpilah dengan ambisi, pimpin dengan keyakinan. Kami akan memuji Anda di setiap langkah,” tambah Harris.

Ia juga menambahkan tentang perjuangan wanita kulit hitam dan wanita Asia yang telah berkorban banyak memperjuangkan kesetaraan.

Termasuk perempuan kulit hitam yang sering terlalu sering terabaikan namun begitu sering terbukti menjadi tulang punggung demokrasi kita. Semua wanita yang telah bekerja untuk mengamankan dan melindungi hak memilih selama lebih dari satu abad, 100 tahun yang lalu dengan Amandemen ke-19,” kata Harris.

Kamala Harris juga memuji keberanian Joe Biden untuk menggandengnya yang seorang wanita, untuk maju mendapingi Biden dalam Pilpres AS.

Sungguh bukti karakter Joe, bahwa dia memiliki keberanian untuk mendobrak salah satu penghalang paling substansial yang ada di negara kita dan memilih seorang wanita sebagai wakil presidennya,” tambah Harris.

Joe Biden dan Kamala Harris berhasil mengalahkan Donald Trump dan wakilnya, Mike Pence setelah mengantongi 290 suara elektoral yang terakhir diselenggarakan di Pennsylvania.

Profile Kamala Haris Wakil Presiden Perempuan Pertama Amerika Serikat

Harris setidaknya memiliki 3 prestasi menjadi yang pertama di AS.

Pertama dia menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat perempuan pertama.

Kedua dia adalah  jaksa agung kulit hitam pertama California.

Ketiga dia wanita pertama keturunan Asia Selatan terpilih menjadi Senat Amerika Serikat.

Kamala Harris merupakan seorang politisi Amerika perempuan kulit hitam keturunan India dan Jamaika. Dia memulai karirnya sebagai deputi jaksa wilayah di Oakland pada tahun 1990–1998.

Seperti Asiawomennews.com dari Britannica pada Minggu, 8 November 2020. Kamala Harris merupakan lulusan Howard University dan University of California yang memiliki reputasi baik atas keberhasilannya menangani kasus kekerasan, perdagangan narkoba, dan pelecehan seksual.

Kemudian pada tahun 2003 Kamala menjabat sebagai jaksa wilayah di San Fransisco. 

Pada tahun 2010, Kamala terpilih menjadi jaksa agung California sebagai perempuan dan keturunan Afrika-Amerika pertama di perjalanan politik Amerika Serikat.

Keberhasilan Kamala menyelesaikan kasus-kasus fundamental, terutama dalam advokasi hak asasi manusia membuat reputasi kinerjanya meningkat.

Pada masa jabatannya, Kamala melindungi kesetaraan pernikahan untuk semua warga California, menuntut pelaku perdagangan senjata, narkoba, dan manusia.

Kamala juga memperkenalkan undang-undang kenaikan upah pekerja, mendukung implementasi perawatan kesehatan sebagai hak setiap warga Amerika.  Selain itu, Kamala juga memperluas akses perawatan anak untuk orang tua pekerja.

Pada tahun 2016, Kamala Harris berhasil memenangi pemilu menjadi anggota Senat California pertama keturunan Asia-Amerika dan Senat perempuan keturunan Afrika-Amerika kedua.

Saat melakukan kampanye Kamala, dalam pencalonan Senat California, ia menjunjung kenaikan upah minimum pekerja dan perlindungan hak reproduksi perempuan.

Kamala lahir di Oakland pada 20 Oktober 1964. Siapa sangka selisih ulang tahun Kamala dan Joe Biden terpaut satu bulan. Joe Biden akan berulang tahun ke 78 tahun pada 20 November.

Kamala Harris juga menulis buku berjudul Smart on Crime (2009) dengan Joan O’C.q.8 Hamilton. 

Tidak puas dengan pencapaiannya, ia mencalonkan diri sebagai presiden Amerika untuk menggantikan posisi Trump periode 2016–2020. Dia secara otomatis menjadi salah satu lawan Joe Biden sebagai kandidat Presiden.

Namun sayangnya pada Desember 2019, Kamala mengumumkan untuk mundur sebagai kandidat calon presiden di pemilu Amerika 2020 karena kurangnya dana kampanye.

Pada Agustus 2020, Joe Biden menggaet Kamala Harris sebagai wakilnya di pemilu AS 2020.

Kamala menjadi perempuan pertama dan orang Asia-Amerika pertama yang menjadi cawapres Amerika. 

Itulah perjalanan panjang karir Kamala Harris sebelum akhirnya menjadi Wakil Presiden Terpilih pada pemilu Amerika 2020 saat ini.

Ia berhasil mewujudkan harapannya dan menjadi wakil presiden kulit hitam dan keturunan Asia Selatan pertama yang menduduki kursi di “White House”.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11

Recent News