Next Post

Perempuan dengan Peran Pemimpin dalam Ekonomi dan Keuangan Internasional Semakin Bertambah

financial lady

AWN, (16/02/21) – Semakin banyak perempuan mengambil peran sebagai pemimpin dalam bidang ekonomi dan keuangan tentu merupakan suatu prestasi yang membanggakan utamanya bagi kaum perempuan. Siapakah mereka? 

Ngozi Okonjo-Iweala yang resmi dilantik pada hari Senin (15/02) kemarin sebagai Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hal ini merupakan sejarah baru karena Okonjo-Iweala merupakan perempuan dan orang Afrika pertama yang ditunjuk menjadi Direktur Jenderal WTO. Di US, Janet Yellen terpilih sebagai Menteri Keuangan US dibawah kepemimpinan Joe Biden. Yellen merupakan perempuan pertama yang memimpin departemen keuangan di Amerika. Selanjutnya, di Kanada juga telah terpilih Menteri perempuan pertama yakni Chrystia Freeland yang dilantik pada akhir tahun 2020 kemarin. Lalu Christine Legarde yang menjabat sebagai Direktur Bank Sentral Eropa (ECB) setelah sebelumnya menjadi perempuan pertama yang memimpin IMF, sejak organisasi itu berdiri 67 tahun silam. Kristalina Georgieva yang kemudian menggantikan posisi Legarde di IMF sebagai Direktur International Monetary Fund (IMF). Odile Renaud-Basso juga merupakan perempuan pertama yang memimpin Bank Rekonstruksi dan Pembangunan Eropa (EBRD). Tidak ketinggalan Sri Mulyani Indrawati yang juga merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia selama 2 periode pemerintahan berturut-turut. Tidak hanya itu, Sri Mulyani baru-baru ini juga dilantik sebagai Ketua Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Pemimpin perempuan tidak hanya dapat membawa ide-ide hebat tetapi juga memiliki kapasitas yang luar biasa pada tindakan nyata dan praktis yang dapat  meningkatkan kehidupan masyarakat. Hal ini akan semakin mendorong dan menginspirasi perempuan-perempuan di dunia untuk terus berkarya, berdaya dan berupaya agar menjadi lebih baik lagi.(awn/fh)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *