Next Post

Menteri PPPA : Merayakan Perempuan Di Peringatan Hari Ibu Ke 95 Tahun 2023

df6a5-dsc_6574

Jakarta, AWN (11/11/2023) – Peringatan Hari Ibu (PHI) yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Desember adalah momentum bangsa untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia. Momentum ini juga penting untuk memaknai kembali PHI sebagai tonggak gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa dan negara.

“PHI bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi para perempuan selalu menjadi momen khusus, bukan saja sebagai peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, tetapi lebih dari itu. PHI sesungguhnya merupakan suatu bentuk apresiasi bagi semua perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dalam Konferensi Pers Kick Off PHI ke-95 Tahun 2023, Jumat, 10 November 2023.

Seperti tahun sebelumnya, Pelaksanaan PHI-ke 95 Tahun 2023 mengangkat tema utama “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, yang berbeda PHI tahun ini memiliki 4 (empat) sub tema yakni Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli, Perempuan dan Revolusi. Empat sub tema tersebut diambil untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan yang selanjutnya akan di detailkan melalui kegiatan-kegiatan yang relevan, yang akan menjadi rangkaian dari keseluruhan PHI ke-95 Tahun 2023.

Rangkaian Peringatan Hari Ibu ke-95 terdiri dari Kegiatan Merayakan Perempuan di Istora Senayan, Roadshow PHI di tiga kota, yaitu Manokwari (18 November 2023), Aceh (22 November 2023) dan Bali (16 Desember 2023), Ziarah ke TMP Kalibata pada 14 Desember 2023, Anjangsana mengunjungi para perempuan pejuang yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia, dan seminar/webinar tematik. Sebelumnya, telah diselenggarakan Turnamen Tenis Meja Perempuan sebagai bentuk kepedulian kepada pedagang pasar Tanah Abang, pada 26-28 Oktober 2023 lalu.

“Ada yang spesial pada Peringatan Hari Ibu ke-95. Mengingat PHI tahun ini bertepatan dengan tahun politik, dimana akan dilakukan pembatasan mobilisasi massa dalam jumlah banyak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) akan menggelar kegiatan ‘Merayakan Perempuan’ di Istora Senayan pada 14 November 2023 sebagai Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95. Menghadirkan 7.000 perempuan dari berbagai profesi, kalangan dan usia, sebagai ekspose kemajuan perempuan, sebagai sumber daya potensial pembangunan,” jelas Menteri PPPA.

Kegiatan ‘Merayakan Perempuan’ sekaligus sebagai Kick Off dari keseluruhan rangkaian PHI tahun ini. Melalui kegiatan “Merayakan Perempuan” ini diharapkan menjadi ruang untuk menunjukkan kepada publik tentang kekuatan perempuan sebagai pilar yang berkontribusi mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa. Bahwa dari waktu ke waktu sudah banyak kemajuan dan prestasi yang ditorehkan dan dicapai oleh perempuan.

“Merayakan perempuan tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan selebrasi saja, tetapi harus menjadi motivasi khususnya perempuan untuk tidak berpuas diri namun terus meningkatkan kapasitas, kompetensi dan prestasinya untuk berkontribusi mewujudkan tujuan nasional. Kegiatan Merayakan perempuan juga melibatkan anak-anak muda dari segi konsep hingga pelaksanaannya. Ini sebagai upaya kami untuk mengajak anak-anak muda sebagai penerus masa depan bangsa untuk ambil bagian melalui gagasan dan ide-ide kreatifnya dalam mendukung pergerakan dan kemajuan perempuan masa kini dan mendatang,” tambah Menteri PPPA.

KemenPPPA juga menggagas penyusunan Buku 95 Perempuan Inspiratif, yang bertujuan untuk mengangkat profil perempuan yang tangguh di bidangnya dan menginspirasi. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada publik bahwa banyak perempuan berprestasi bahkan berkontribusi melalui dedikasi yang luar biasa dan membantu keberhasilan pembangunan. Profil 95 perempuan dipilih melalui seleksi yang ketat, transparan dan melibatkan tim seleksi dari para pakar di bidangnya.

“PHI juga harus menjadi momentum untuk mengingatkan semua perempuan Indonesia untuk selalu menanamkan dalam diri dan pikirannya, bahwa mereka adalah sosok yang kuat, tangguh, dan berdaya. Sosok yang berani bermimpi dan mampu mewujudkannya,”’ tutup Menteri PPPA.

Rangkaian kegiatan PHI ke-95 Tahun 2023, juga melibatkan kolaborasi dan sineri multi pihak yaitu lintas Kementerian/Lembaga, organisasi perempuan, keagamaan, dunia usaha, media dan pihak-pihak lainnya mulai dari gagasan dan pelaksanaannya. Selanjutnya, Rangkaian kegiatan Hari Ibu akan ditutup dengan Tasyakuran sebagai Puncak PHI ke-95, yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2023, bertempat di Gedung BRIN Jakarta.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *