Next Post

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar Dampingi Presiden dan Ibu Negara Tinjau Hutan Mangrove di Bali

Foto BPMI SetpresLaily Rachev

Bali, AWN (09/10/2021) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ibu Siti Nurbaya Bakar mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana meninjau hutan mangrove di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Bali.

Lokasi tersebut merupakan tempat percontohan rehabilitasi ekosistem hutan mangrove yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, pariwisata, dan penguatan perekonomian. Pemerintah akan terus melakukan replikasi model rehabilitasi mangrove tersebut di provinsi lainnya.

Terdapat jembatan kayu sepanjang 500 ha yang dikelilingi hutan mangrove, serta menara pandang. Luas kawasan tersebut mencapai 268 ha di taman tersebut. Lahan sebelumnya merupakan lahan eks tambak ikan dan udang yang terbengkalai. Sejak 1992 direhabilitasi dan berhasil dengan baik. Saat ini terdapat 92 jenis burung dan 33 jenis tanaman mangrove.

Sementara itu, luas lahan mangrove di Provinsi Bali mencapai 2.143,97 ha. Dari luas tersebut, masih terdapat habitat mangrove yang berpotensi dapat ditanami seluas 263 ha.

Keberhasilan konservasi hutan mangrove di Mangrove Conservation Forest beriringan dengan alih usaha dari budidaya tambak menjadi multi usaha lain berbasis ekosistem mangrove, diantaranya budidaya ikan tangkap, hasil pengolahan produk mangrove nonkayu, serta pariwisata. Upaya tersebut menunjukkan bahwa pemulihan ekosistem mangrove dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal maupun regional.

Disamping itu, Bapak Presiden Jokowi menegaskan bahwa “Pemulihan akan terus dilakukan pada kawasan-kawasan pesisir untuk melestarikan kawasan hutan mangrove dan juga untuk mengantisipasi serta memitigasi perubahan iklim dunia. Hal ini membuktikan komitmen ekonomi hijau Indonesia yang dapat ditunjukkan kepada para anggota delegasi G20 pada KTT G20 tahun 2022 di Bali nanti. (AWN/sw)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *