Next Post

Menteri LHK: Bakti Rimbawan Untuk Tanah Air, Untuk Bangsa

vdmU_IMG-20240319-WA0038

Jakarta, AWN (18/3/2024) – Hari Bakti Rimbawan yang dirayakan setiap tanggal 16 Maret disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh Rimbawan di tanah air. Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperingati Hari Bakti Rimbawan yang menginjak usia ke-41 tahun.

Menteri LHK Siti Nurbaya secara khusus menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada para rimbawan yang telah bekerja keras membangun lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia.

“Selama masa tugas sebagai Menteri LHK dalam kurun waktu 10 tahun hingga sekarang, kita telah bersama-sama bekerja untuk tanah air dan bangsa,” ujar Menteri Siti saat memimpin langsung upacara bendera bersama ratusan staf KLHK di Jakarta, Senin (18/3). Upacara serupa juga dilaksanakan di seluruh UPT KLHK di Indonesia. 

Pada kesempatan ini, Menteri Siti juga menyampaikan penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada seluruh Rimbawan Indonesia, yang telah memberikan kinerja terbaik dalam lingkup tugas dan profesi masing-masing, yang sangat berarti mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan secara berkelanjutan.

Pesan khusus Menteri Siti sampaikan bahwa pada aspek dimensi sosial dan interaksi publik/masyarakat, masih perlu diintensifkan, mengingat masyarakat Indonesia secara umum adalah masyarakat yang dalam kehidupannya menyatu dengan alam. Sekaligus ini akan menegaskan: ‘’Bakti Rimbawan untuk Tanah Air, untuk Bangsa’’. Kita perlu terus memperkuat kohesi sosial, memperbanyak interaksi sosial dan membangun inovasi sosial untuk kepentingan bangsa.

“Mulai sekarang dan kedepan, saya minta agar hal-hal yang telah kita bangun susah payah bersama dan diantaranya berhasil baik dengan pengakuan Internasional, kemudahan pelayanan birokrasi bagi masyarakat dan dunia usaha; serta penegakan hukum. Untuk itu semua, agar dipertahankan, dilanjutkan, dan dikembangkan,” ujar Menteri Siti seraya meminta untuk terus lakukan konsolidasi Rimbawan dan pertebal dedikasi Rimbawan untuk Indonesia.

Dihari yang sama, untuk memeriahkan perayaan Hari Bakti Rimbawan ke 41 tersebut, KLHK menyelenggarakan Resepsi Hari Bakti Rimbawan yang berisi beberapa kegiatan, seperti Dialog Refleksi “Satu Dekade Rimbawan”, Pengumuman Lomba Foto Burung Rangkong on The Spot, Doa Bersama, yang ditutup dengan Buka Puasa Bersama.

Menteri LHK dalam arahannya yang dibacakan oleh Wakil Menteri LHK, Alue Dohong untuk membuka acara resepsi mengungkapkan jika Peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun ini sangat special, karena pada tahun ini, Hari bakti Rimbawan bertepatan juga dengan Bulan Suci Ramadhan tahun 1445 Hijriyah.

“Mari kita manfaatkan momen yang penuh berkah ini untuk saling menguatkan, memberikan semangat antara sesama Rimbawan, menyempurnakan kekurangan satu dengan yang lain, dan mengingatkan dalam satu derap langkah pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan,” ucapnya

Menteri LHK juga mengharapkan agar seluruh pegawai KLHK, pusat dan UPT di daerah untuk terus meningkatkan kapasitas diri. “Senantiasa jadi pribadi yang pembelajar, haus akan ilmu pengetahuan dan wawasan agar dapat menjadi pribadi yang unggul dan rimbawan yang hebat,” ujarnya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan berbagai kegiatan sejak tanggal 29 Februari 2024, guna memeriahkan Hari Bakti Rimbawan yang ke-41 tahun 2024 ini. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain donor darah, penanaman pohon serentak secara nasional, aksi bersih negeri, bakti sosial, renungan suci, lomba fotografi burung, upacara bendera, resepsi Hari Bakti Rimbawan, serta panggung kolaborasi untuk alam.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *