Next Post

Menlu Akan Bertemu dengan Dubes Baru dari 9 Negara untuk Indonesia Besok

menteri-luar-negeri-retno-marsudi-eva-detikcom_169

Jakarta, AWN (17/2/2024) – Sembilan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) negara-negara sahabat telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selanjutnya, kesembilan dubes itu akan diterima oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi besok.

Adapun kesembilan dubes yang baru saja menyerahkan surat kepercayaan yakni dari Belarus, Bosnia dan Herzegovina, Mauritania, Jepang, Mesir, Bangladesh, Algeria, Uruguay, dan Portugal. Retno mengatakan akan membahas lebih lanjut program prioritas para dubes tersebut di Indonesia.

“Besok saya akan menerima satu per satu dari sembilan duta besar tersebut di Kementerian Luar Negeri dan kita akan memperdalam lebih lanjut program prioritas beliau selama menjadi dubes di Indonesia tetapi gambarannya adalah diplomasi ekonomi, diplomasi perlindungan menjadi salah satu prioritas dengan sembilan negara tersebut,” kata Retno dalam keterangan persnya, Kamis (15/2/2024).

Retno menjelaskan kesembilan dubes itu memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan Indonesia. Enam di antaranya memiliki surplus perdagangan.

“Dari sembilan negara tersebut, enam di antaranya Indonesia mengalami surplus dalam perdagangan. Dengan Jepang misalnya sampai November tahun lalu perdagangan kita sudah mencapai lebih dari Rp 34 miliar dan kita surplus Rp 3,8 miliar. Sementara investasi, Jepang juga merupakan salah satu sumber investasi besar Indonesia,” ujarnya.

Kemudian Mesir, Retno menyebut negara itu merupakan mitra ketiga terbesar Indonesia di Timur Tengah untuk perdagangan setelah Saudi Arabia dan juga Uni Emirat Arab. Hingga November tahun lalu, perdagangan Indonesia dengan Mesir sudah hampir Rp 1,5 miliar dengan surplus lebih dari Rp 1 miliar.

“Kemudian dari sisi investasi, Mesir juga merupakan tujuan investasi investor Indonesia, outbond investment. Di situ ada Indofood, ada Kedaung Group, dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, untuk Aljazair, kata Retno, Indonesia banyak melakukan kerja sama dengan Pertamina. Retno mengatakan pemerintah terus berupaya memperkuat perjanjian perdagangan dengan negara tersebut.

“Misalnya dengan Jepang, protokol perubahan untuk Indonesia Jepang economic partnership agreement sudah selesai, tinggal ditandatangani. Sementara dengan Bangladesh dan Belarus, kita sedang melakukan negosiasi untuk PTA dan juga dengan FTA,” ujarnya.

“Dengan Portugal misalnya kelapa sawit kita dari 2019 sampai 2022 mengalami kenaikan yang sangat signifikan, 77 persen kenaikannya. Dan juga dengan Mauritania kita terus memperkuat hubungan ekonomi,” lanjut Retno.

Adapun kesembilan dubes negara sahabat telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/2/2024) siang. Berikut daftarnya:

1.Dubes Belarus Raman Ramanouski
2.Dubes Bosnia dan Herzegovina Armin Limo
3.Dubes Mauritania Wedaddy Ould Sidi Haiba
4.Dubes Jepang Masaki Yasushi
5.Dubes Mesir Yasser Hassan Farag Elshemy
6.Dubes Bangladesh Tarikul Islam
7.Dubes Aljazair Hassane Rabehi
8.Dubes Uruguay Cristina Gonzalez
9.Dubes Portugal Miguel De Mascarinhas De Calheiros Velozo.

(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *