Next Post

Ketua DPR Puan Maharani Tegaskan Keselamatan Rakyat jadi Asas Tertinggi

DEP_9939 (1)

Jakarta, AWN (14/8/2020) – Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menegaskan, keselamatan rakyat sebagai asas tertinggi penyelenggaraan negara menjadi semakin penting dalam menghadapi pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Puan dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR RI – DPD RI, dan Pidato Kenegaraan Presiden di Ruang Sidang Paripurna, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

 

“Asas keselamatan rakyat merupakan asas tertinggi dalam pemerintahan negara. Hal ini semakin penting ketika kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Rakyat menuntut kinerja pemerintah yang optimal dalam bertindak sigap, cepat, dan terpadu dalam menjalankan berbagai program untuk melindungi rakyat, membantu rakyat, dan memulihkan kehidupan sosial dan ekonomi rakyat Indonesia,” sebut Puan dalam pidatonya.

 

Tuntutan ini, tambahnya, tak lepas dari luasnya dampak pandemi Covid-19 bagi Indonesia. Hingga 13 Agustus 2020, tercatat 127.083 kasus positif terinfeksi virus Corona di 34 provinsi dan 480 kabupaten/kota di seluruh penjuru Tanah Air. Sebanyak 82.236 orang memang berhasil disembuhkan, namun tercatat pula sebanyak 5.765 orang meninggal dunia.

 

Sebagaimana halnya di seluruh dunia, pandemi Covid-19 juga mengakibatkan gerak perekonomian Indonesia tersendat dan bahkan menyebabkan pertumbuhan ekonomi nasional mengalami kontraksi. Pada kuartal kedua tahun ini, pertumbuhan ekonomi berkontraksi hingga minus 5,32 persen (year on year).

 

“Tatanan, kebiasaan, dan perilaku baru untuk beradaptasi dengan Covid-19 serta pulihnya perekonomian nasional menjadi harapan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pemerintah diharapkan dapat melaksanakan berbagai langkah yang efektif, baik melalui kebijakan, koordinasi lintas sektor, melalui instrument fiskal maupun moneter, serta mengonsolidasikan seluruh potensi dan sumber daya yang ada, untuk dapat segera memulihkan kehidupan sosial dan ekonomi di Indonesia,” ujarnya.

 

Politisi PDI Perjuangan ini menyebut upaya dan kebijakan negara untuk menyelamatkan rakyat harus mendapat dukungan dari semua pihak. Menurutnya, semangat gotong royong dari seluruh komponen bangsa ini bisa menjadi kunci bagi Indonesia dalam menghadapi ancaman virus Corona.

 

“Kita patut memberikan apresiasi atas kerja bersama, gotong royong, seluruh komponen bangsa, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dokter, tenaga kesehatan, satgas Covid-19, TNI, Polri, BUMN, swasta, relawan, serta segenap unsur masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Semangat gotong-royong inilah yang telah membuat kita mampu menghadapi Covid-19 hingga saat ini,” pungkasnya. (AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *