Next Post

Jajal Jet Tempur, Puan Maharani Peroleh Wing Penerbangan Pada Momentum HUT Ke-76 TNI

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani dalam Upacara penyematan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I

Jakarta Selatan, AWN (06/10/2021) – Pada momentum HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani memperoleh Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI Angkatan Udara. Wing Penerbang tersebut diterima Puan setelah menjajal terbang (joy flight) dengan jet tempur TNI AU T-50i Golden Eagle.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin langsung upacara penyematan Wing Kehormatan Penerbang Kelas I di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta, Selasa (5/20/2021). Dalam sambutannya, Hadi mengatakan bahwa “Pemberian Wing Kehormatan Penerbang Kelas I TNI AU merupakan wujud penghargaan kepada pejabat tinggi negara atas jasa-jasa dan pengabdiannya untuk kemajuan TNI dan Polri.”

Dalam penerbangan tersebut, Puan duduk di kursi kopilot jet tempur T-50i Golden Eagle TNI AU yang dipiloti oleh Letkol (Pnb) Dharma T Gultom. Setelah lepas landas dari Lanud Halim, Puan mengudara selama 30 menit dengan kecepatan sampai 750 km/jam pada ketinggian 10 ribu-20 ribu kaki.

Sementara itu, Dharma yang merupakan Komandan Skadron Udara 15 Tempur tersebut menjelaskan bahwa, Ia melakukan berbagai manuver bersama Puan di udara, seperti slow roll hingga fast roll. “Pada ketinggian 10 ribu-15 ribu kaki, kami memberi kesempatan kepada Ibu Puan untuk dapat menghandling pesawat dan melaksanakan termin ke kanan termin ke kiri,” kata Dharma.

Lebih lanjut, saat manuver, Dharma menjelaskan bahwa Puan juga merasakan gaya gravitasi 4G atau daya tarik 4 kali dari berat tubuh. Pada kondisi ini, awak pesawat harus mengencangkan otot kaki dan perut. “Pesawat tempur bisa mencapai 8G, Ibu Puan bisa sampai 4G,” lanjut Dharma.

Selain itu, Dharma juga memuji Puan yang tetap dalam kondisi baik-baik saja ketika mendarat. Hal ini mengingat manuver-manuver jet tempur kerap membuat awak pesawat muntah-muntah hingga pingsan. Dharma mengatakan bahwa “Kami bersyukur, Ibu Puan tetap sehat dan fit saat landing” Ia menambahkan, selama penerbangan, Puan sangat rileks dan ngobrol santai dengannya serta bertanya banyak hal tentang pesawat tempur.

Usai mengudara, Puan mengucapkan terima kasih kepada TNI AU atas pengalaman penerbangan yang tak terlupakan dengan jet tempur tersebut. Beliau mengatakan bahwa “Terima kasih kepada TNI AU. Penerbang-penerbangnya profesional, tangguh dan cekatan. Saya merasakan sendiri.” (AWN/sw)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *