Next Post

Hadiri APRA 2021, Kemen PPPA Dorong Insan Pertelevisian Tingkatkan Tayangan Edukatif, Inspiratif dan Informatif

Siaran Pers Nomor B-459SETMENHM.02.04112021

Jakarta, AWN (30/11/2021) – Pemenuhan hak anak atas informasi yang layak untuk anak membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk media. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menuturkan partisipasi media melalui tayangan dan konten-konten yang ramah anak dapat mendukung pembentukan karakter dan tumbuh kembang anak.

Dalam acara Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) tahun 2021 pada Sabtu (29/11) secara vitual, Menteri Bintang mengatakan bahwa “Ketersediaan dan akses terhadap informasi yang berkualitas menjadi bagian penting yang turut mempengaruhi kualitas tumbuh kembang seorang anak serta bagian dari pemenuhan hak anak. Media dalam ranah penyiaran turut memainkan peranan dalam membentuk karakter anak-anak Indonesia.”

Selanjutnya, Menteri Bintang menambahkan bahwa hal itu sejalan dengan Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, bahwa media berperan dalam melakukan penyebarluasan informasi dan materi edukasi yang bermanfaat dari berbagai aspek dengan memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak.

Anugerah Penyiaran Ramah Anak merupakan kerja sama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Menteri Bintang menjelaskan 11 kategori Anugerah Penyiaran Ramah Anak merupakan bentuk-bentuk penyiaran yang mendukung perwujudan pemenuhan hak anak atas informasi yang layak anak,

Lebih lanjut, Menteri Bintang mengatakan bahwa “Melalui anugerah penyiaran ramah anak ini Kemen PPPA mendorong seluruh insan penyiaran dan pertelevisian untuk terus meningkatkan tayangan-tayangan anak yang edukatif, inspiratif dan informatif. Saya juga mengucapkan selamat serta apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh finalis terpilih APRA tahun 2021.”

Menteri Bintang juga berharap agar penghargaan yang diterima lembaga penyiaran mampu menjadi motivasi untuk lebih maju, memenuhi hak dan melindungi anak Indonesia serta menjadi inspirasi bagi televisi-televisi lain untuk lebih memperhatikan secara serius perlindungan hak dan penyajian tayangan yang ramah anak utamanya dalam penyajian tayangan yang ramah anak.

Selain itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI), Agung Suprio mengatakan bahwa penyelenggaraan Anugerah Penyiaran Ramah Anak bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada lembaga penyiaran baik televisi (tv) maupun radio yang telah membuat konten yang ramah anak, dan memotivasi lembaga penyiaran untuk menciptakan konten yang ramah anak.

“KPI menyampaikan selamat dan sukses bagi lembaga penyiaran yang memenangkan anugerah ini, lembaga penyiaran sebagai peserta nomine atau pemenang haruslah mempertahankan program siarannya supaya menjadi pedoman atau teladan untuk lembaga penyiaran yang lain untuk membuat konten yang ramah anak,” ujar Agung Suprio.

Dalam hal tersebut, Agung juga berharap lembaga penyiaran terutama televisi yang nantinya akan bermigrasi ke dalam format digital sesuai instruksi pemerintah adalah televisi-televisi yang ramah terhadap anak.

Kategori Program Animasi Anak Indonesia, Program Petualangan Si Unyil dari Trans 7. Kategori Program Animasi Anak Asing. Pemenang dari 11 kategori yang ada di Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2021 adalah:

  1. Kategori Program Animasi Anak Indonesia

          Petualangan Si Unyil – Trans 7 (Pemenang)

  1. Kategori Animasi Anak Asing Terbaik

          Upin Ipin – MNC TV (Pemenang)

  1. Kategori Dokumenter Terbaik

          Anak Indonesia – TVRI (Pemenang)

  1. Kategori Program Feature Terbaik

         Si Bolang – Trans 7 (Pemenang)

  1. Kategori Variety Show Anak Terbaik

          Buah Hatiku Sayang – TVRI (Pemenang)

  1. Kategori Program TV Pendidikan Anak Indonesia Terbaik

         Michael Tjandra Luar Biasa Episode Keluarga Jagoan – RTV (Pemenang)

  1. Kategori Program Anak dan Radio

          Sekar Rere Dolanan / Budaya Anak- anak Bali – Radio Nuansa Giri (Pemenang)

  1. Kategori Radio Peduli Anak 2021

          Radio Konata Surakarta

  1. Kategori Televisi Peduli Pendidikan Anak 2021 – TVRI
  2. Kategori Televisi Terbaik

          Program Anak 2021 – Trans 7

  1. Televisi Ramah Anak 2021 – RTV

 

(AWN/sw)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11

Recent News