Next Post

Buka East Java International Trade Festival, Gubernur Khofifah : Ini Forum Strategis

Buka East Java International Trade Festival, Gubernur Khofifah - Ini Forum Strategis

Surabaya, Jawa Timur, AWN (1/6/2023) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membuka East Java International Trade Festival di Surabaya, Selasa (30/5/2023). Kegiatan yang diinisiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur (Disperindag Jatim), Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, dan Bank UMKM ini dihadiri lebih kurang 1.000 orang dari dunia usaha hingga pemerintah. 

“Forum ini strategis dan produktif. Misi Dagang kita selama ini di Hongkong, Arab Saudi, dan lain-lain alhamdulillah terus bersambung,” ujar Gubernur Khofifah mengawali sambutannya. 

Gubernur Jatim pun bersyukur telah melewati pandemi Covid-19 karena kerja keras dan kegotongroyongan semua pihak. “Ini hasil kerja produktif kita semua. Kegotongroyongan yang juga bisa mengantarkan kita mengendalikan pandemi,” terangnya. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Jatim menyerahkan sejumlah penghargaan bagi Bupati/Wali Kota, eksportir, dan importir. Selain itu, Gubernur Khofifah juga meresmikan Desa Devisa Madura dan Desa Pendulum Devisa. Desa Devisa Madura, terdiri dari Klaster Batik Aromaterapi Al Warits Bangkalan dan Klaster Daun Kelor dan Rumput Laut Surgassum Sumenep. 

Sementara untuk Desa Pendulum Devisa terdiri dari Kampung Coklat Kabupaten Blitar dengan komoditas olahan coklat; Desa Ngindeng, Kabupaten Ponorogo dengan Koordinator PT. Enha Sentosa Indonesia; dan Desa Trayang, Kabupaten Nganjuk dengan Koordinator PT. Astana Shoga Asia dan komoditas Jahe. 

“Jika kemudian dari Desa Devisa berkembang menjadi eksportir itu bisa menghasilkan manfaat lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Makin tumbuh, makin turun tingkat kemiskinan. Makin tumbuh, makin turun pengangguran terbuka. Makin tumbuh, makin besar kesejahteraan yang bisa dirasakan masyarakat,” kata Gubernur Khofifah. 

Di penghujung sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih kepada Disperindag Jatim dan seluruh pemangku kepentingan terkait atas terselenggaranya kegiatan ini. 

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder, baik dari dunia usaha,, eksportir, importir, asosiasi, dan lain-lain. Disperindag Jatim juga harus tambah terus semangatnya dan semakin kuat sinergi seluruh stakeholder,” pesannya. (AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *