Next Post

Bayam Brazil, Olahan dan Manfaatnya

culinary1 (2)

AWN – Setiap orang pastinya mengenal tumbuhan dengan nama ilmiah Amaranthus, atau populer dengan nama “bayam.” Bayam adalah tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh, selain itu sangat mudah dalam pengolahannya.

Bayam yang dimaksud di sini bukan bukan bayam yang umumnya sering kita jumpai di gerobak tukang sayur, atau di pasar ya. Sayur bayam yang akan diulas yaitu sayuran hijau yang saat ini lagi booming di masyarakat, yaitu bayam Brazil. Let’s check it out!

Bayam brazil adalah sayuran daun yang tumbuh rendah, posturnya tidak meninggi dan cenderung membentuk bulatan yang rapih. Warna daunnya hijau muda hingga hijau tua, bentuknya bundar dan berkerut. Di negara asalnya, Brazil, sayuran ini sering ditanam untuk jalur tepi, terutama di tempat teduh parsial karena cukup toleran terhadap naungan.Tanaman ini merayap dan dapat menutupi area yang luas. Jika kalian mencari penutup tanah yang dapat dimakan, bayam brazil adalah pilihan yang tepat.

Selain sebagai tanaman yang dapat mempercantik halaman atau rumah kita, tanaman ini juga memiliki keunikan lain, yaitu tekstur daunnya yang crunchy dan tanpa aroma sama sekali  membuatnya sangat cocok diolah sebagai sumber nutrisi penting bagi tubuh utamanya pada anak-anak, karena mereka tidak akan menyangka kalau kudapan yang sedang mereka makan adalah sayuran yang sering tidak menjadi hidangan favorit mereka. Pengolahannya pun sangat mudah, dan cocok di buat apa saja. Tak percaya? Kita akan kupas khusus beberapa olahan menggunakan bayam Brazil. Dan beberapa di antara nya pasti tidak pernah terpikirkan oleh pembaca. Yuk kita buktikan.

  1. Sayur Bening

Diolah dengan cara dimasak bening pun bayam Brazil ini selalu cocok. Disandingkan dengan jagung muda dalam satu panci pun nampaknya akan selalu mengundang selera makan terlebih lagi jika dinikmati selagi hangat.

  1. Puding Bayam Brazil

Siapa yang tidak suka puding? Pastinya semua akan berkata suka dengan kudapan yang satu ini. Rasanya yang manis dan segar, sangat cocok dinikmati bila cuaca sedang panas. Kebayang gak makan pudding dari daun sayur yang di haluskan/blender? Dan pastinya, aroma daunnya tidak berasa sama sekali.

  1. Oseng Bayam Brazil

Sama seperti kangkung. Bayam Brazil pun cocok untuk di oseng dengan campuran apa pun. Hanya saja jangan terlalu lama memasaknya karena akan membuat daunnya berubah warna menjadi kecoklatan. Selain nampak tidak segar lagi, Nutrisinya tentu saja sudah tidak maksimal karena mengalami pemanasan yang terlalu lama. Tentu saja kita tidak mau kehilangan manfaat terbesarnya, bukan?

  1. Salad

Seperti di daerah asalnya, sayuran ini paling sering diolah menjadi salad hijau dengan aneka macam dressing atau saus. Karena memiliki tekstur yang keras dan renyah. Rasanya akan sama seperti ketika anda menikmati selada segar.

  1. Omlet

Trik khusus bagi anda yang tidak suka sayuran apalagi bayam. Daun bayam Brazil bisa dicacah kemudian dicampurkan ke dalam kocokan telur dan tambahan rempah. Dinikmati dengan nasi hangat dan tambahan saus sambal. Rasanya begitu mengunggah selera, apalgi dinikmati saat sarapan. Cobain yukk!

  1. Campuran mie instan

Ide seperti ini sudah pernah dibuktikan oleh penulis sendiri. Bayam Brazil yang dimasak dengan mie instan ternyata sangat diminati oleh siapa pun, terlebih anak-anak yang cenderung tidak suka sayuran, khususnya bayam. Aroma langu daun yang cenderung dimiliki beberapa sayuran tidak muncul sama sekali. Ini salah satu keunikan bayam Brazil, bisa berbaur dengan olahan apa pun tanpa merusak rasa makanannya.

Cara pembudidayaannya pun terhitung sangat mudah, kita bisa menanamnya di halaman, atau bisa pula di pot apabila lahan terbatas. Bayam Brazil amat mudah ditanam melalui keratan/stek batang yang sehat serta matang. Bukan saja indah ditanam depan rumah dan nikmat rasanya, sayuran bayam ini amat kaya dengan khasiat. Tidak ada ruginya menanam tanaman ini, malah terdapat banyak keuntungan apalagi jika terkait dengan manfaatnya.

Manfaat Bayam Brazil bagi kesehatan ialah mampu melawan Kanker, bagus buat mata, kaya dengan vitamin K serta mampu menguatkan tulang. Selain itu Bayam Brazil juga boleh membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melancarkan  pencernaan dan menyembuhkan sembelit. Khasiat memakan Bayam Brazil pun mampu membantu melancarkan peredaran darah, mencegah Anemia serta masalah gusi, memperkuat stamina badan serta amat baik untuk tumbuh kembang anak. Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung, memakan Bayam Brazil sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil, serta cocok untuk mencegah penuaan dini

Gimana? Ada segudang manfaat dari Bayam Brazil kan? Tertarik untuk mencoba?(awn/nb)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

ban11

Recent News