Next Post

Mensos Serahkan 11 Bantuan Rumah Layak Huni Tahan Gempa di Aceh Timur

17091740498386
Aceh Timur, Aceh, AWN (3/3/2024) – Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh. Mensos hadir untuk menyerahkan bantuan Rumah Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) dan Kemensos dalam rangka pembangunan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi 11 penerima manfaat warga di desa Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. 
 
Rumah layak huni tahan gempa ini, delapan unit diantaranya merupakan kerjasama dengan Dana Kemanusiaan Kompas sedangkan tiga unit lainnya merupakan dana hibah Kementerian Sosial dengan luas masing-masing rumah 32 m2.
 
Menteri Sosial mengatakan rumah ini sengaja dirancang tahan gempa dengan menggunakan bata khusus yang diperkuat dengan beton. Pembuatan bata ini dilakukan oleh masyarakat dan kemudian dibeli sehingga bisa menggerakan ekonomi masyarakat setempat. 
 
Pembangunan rumah ini berdasarkan hasil scanning media yang dilakukan Kementerian Sosial. Sebelumnya hanya dilaporkan tiga rumah yang tidak layak huni. Tetapi setelah tim Kemensos terjun ke lapangan ditemukan 11 rumah yang tidak layak huni sehingga selanjutnya Kemensos membangun rumah layak huni yang tahan gempa ini.
 
“Bukan hanya tiga rumah yang dilaporkan di media scanning, tetapi ternyata juga ada tetangga sekitar yang kondisi rumahnya rusak. Akhirnya kita sepakati kita bantu 11 unit rumah” Ungkap Mensos.
 
Bantuan Rumah Dana Kemanusian Kompas dan Kemensos senilai Rp. 1,922 miliar. Saat menyerahkan bantuan rumah, Anung Wendyartaka, Manajer Eksekutif Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) mengatakan, DKK sangat berterima kasih bisa menjalin kerja sama dengan Kemensos dalam pembangunan rumah tahan gempa. 
 
“Semoga kerja sama dengan Kemensos ini bisa berlanjut di bidang lainnya,” Ungkap Anung.
 
Selain menyerahkan bantuan rumah, Mensos juga memberikan bantuan lainnya. Bantuan pengembangan usaha dari Sentra Insyaf Medan senilai Rp. 1.246.000 dan modal usaha senilai Rp 5.000.000. Bantuan motor roda 3 dari Sentra Terpadu Inten Soeweno (STIS) dengan nilai nilai  bantuan Rp. 42 juta kepada M. Jamil yang menjadi korban saat konflik sosial. 
 
Selain itu Kemensos melalu Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam memberikan bantuan berupa kompor rakyat dengan nilai Rp. 214.524.000 dan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) batu bata interlock senilai Rp. 88.893.000.
 
Mensos Risma juga menyempatkan untuk meninjau proses pembangunan salah satu rumah yang dibangun dari dana hibah Kemensos.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News