Next Post

Di Hadapan Kiai Krapyak, Siti Atikoh Ganjar Pranowo Beberkan Program Ganjar-Mahfud soal Pesantren

029753800_1701907593-IMG_4214

Yogyakarta, AWN (7/12/2023) – Istri Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, menyatakan Ganjar-Mahfud MD akan memberikan perhatian serius untuk pondok pesantren (ponpes), tanpa memandang apakah ponpes itu besar atau kecil.

Hal itu Siti Atikoh sampaikan di hadapan kiai dan pimpinan ponpes di Krapyak, Yogyakarta, yang berkumpul di Ponpes Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, Rabu (6/12/2023) malam.

“Mas Ganjar dan Pak Mahfud akan memberikan perhatian penuh ke pesantren sebagai lembaga pendidikan lembaga dakwah dan pengabdian kepada masyarakat setempat,” kata Atikoh.

Atikoh menyampaikan, Ganjar-Mahfud akan mengoptimalkan dana abadi pesantren untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di ponpes, beasiswa santri untuk kesejahteraan pengasuh, dan pendidik ustaz serta ustazah.

Atikoh juga menyampaikan program mengenai kesejahteraan ustaz dan ustazah sudah pernah dilakukan Ganjar saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

Selain itu, lanjut Atikoh, Ganjar-Mahfud akan memfasilitasi program penyamarataan sehingga lulusan pesantren dapat mudah masuk perguruan tinggi umum.

“Beasiswa santri juga diperluas. Kemudian Mas Ganjar-Pak Mahfud akan mempersiapkan ekosistem membekali santri agar siap kerja. Misalnya fasilitasi BUMN agar memiliki program magang dam ekskul di pesantren,” kata Atikoh.

Tak hanya itu, tambah Atikoh, Ganjar-Mahfud akan membuat program santripreneur sehingga santri melek pada ekonomi kreatif berbasis digital.

“Kemudian ketujuh, Ganjar-Mahfud akan memfasilitasi ma’had ali agar semakin banyak dan berkualitas,” tandas Atikoh. 

Pengasuh Pondok Pesantren An Nur Ngrukem, Bantul, DIY, Kiai Haji (KH) Yasin Nawawi mendukung paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dalam Pilpres 2024. Yasin menilai keduanya merupakan pasangan ideal yang layak meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Dukungan itu disampaikan Yasin saat menghadiri pertemuan bersama para kiai, nyai dan santri di Pondok Pesantren Almunawwir Krapyak Yogyakarta pada Rabu (6/12/2023) malam. Pertemuan itu juga dihadiri oleh istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh.

“Saya mantap memilih pasangan Ganjar dan Mahfud Md,” kata Yasin dalam acara tersebut,” kata Yasin dalam sambutannya, Rabu (6/12/2023) malam.

Yasin lantas mengajak masyarakat agar memilih calon pemimpin jangan hanya berdasarkan fanatik golongan semata. Menurutnya, sosok presiden dan wakil presiden harusnya mewakili seluruh golongan.

“Dalam memilih presiden dan wapres kita jangan hanya fanatik golongan karena presiden adalah pemimpin semua rakyat, semua golongan. Apakah itu NU, Muhammadiyah, bahkan Islam atau bukan, bahkan kepartaian PKB, Golkar, PDI dan sebagainya,” tegasnya.

“Tapi yang harus menjadi ukuran dalam memilih presiden dan pemimpin nasional adalah apakah dia sangat cakap, mempunyai skill dan pengalaman, jujur, amanah, fathonah dan merakyat dalam arti peduli dengan rakyat. Adapun soal golongan, etnis, organisasi, muhammadiyah, NU, partai dan sebagainya itu hanya sebagai penambah kekuatan dan ikatan hati di dalam memilihnya,” sambungnya.

Yasin menilai dalam Pilpres kali ini, yang paling memenuhi kriteria tersebut ialah Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Selain latar belakang keduanya baik, dia menilai kolaborasi Ganjar-Mahfud dapat menciptakan kepemimpinan yang baik.

“Untuk Pilpres saat ini bagi saya yang memenuhi syarat hanya pasangan bapak Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. apa alasannya? Yaitu perpaduan dua paslon mempunyai karakter yang bagus. Kolaborasi antara pemimpin lemah lembut yang diwakilin bapak Ganjar Pranowo dan kolaborasi antara pemimpin yang mempunyai ketegasan yaitu bapak Mahfud,” jelasnya.

Yakin juga memuji Ganjar-Mahfud dua sosok yang hebat, merakyat, penuh pengalaman, dan tegas di dalam pemberantasan korupsi. Dia juga menilai Mahfud dikenal sebagai pendekar hukum.

“Kolaborasi antara administrator yang cakap, Bapak Ganjar Pranowo berpengalaman di bidang pemerintahan dan pendekar hukum. Bapak Mahfud Md dan semua orang bisa menyaksikan, semua bangsa Indonesia betapa hebatnya penegakaan hukum yang dijalankan oleh Bapak Ganjar Pranowo,” terangnya.

Yasin melihat dari tiga pasangan calon yang berkontestasi di Pilpres 2024, hanya Ganjar-Mahfud yang benar-benar meniti karier dari wong deso.

“Dari desa sampai ini hanya Pak Ganjar Pranowo, yang lainnya orang elite-elite tidak tahu orang kampung, orang deso. Pak Ganjar Pranowo adalah sosok yang deso, tumbuh dari desa, meniti karier dari desa, dan bisa ngewongke wong deso, mengayomi orang desa,” jelas Yasin.

Atas nama komunitas pesantren, Yasin mengajak rakyat Indonesia berpikir jernih dalam menentukan calon pemimpin bangsa capres dan cawapres. Menurut dia, hanya Ganjar-Mahfud yang benar-benar layak memimpin Indonesia ini.

“Semoga Allah mengabulkan Bapak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bisa memenangkan Pilpres 2024 ini,” kata dia.

“Insyaallah Pak Ganjar Pranowo juga meneruskan apa yang sudah baik yang sudah dilakukan Pak Jokowi untuk dilanjutkan selama program-program itu demi kepentingan rakyat, demi kesejahteraan rakyat, Pak Ganjar Pranowo pasti saya yakin Pak Ganjar meneruskan semua yang baik,” sambung dia.

Sementara itu, Siti Atikoh menyampaikan terima kasih atas dukungan Kiai Yasin. Atikoh menyatakan dirinya berkeliling Jawa Barat, Jawa Tengah, dan di Yogyakarta. Atikoh melihat respons dari para Kiai di pesantren luar biasa sekali.

“Tentu ini membuat saya merasa terhormat, rasa mendapatkan dukungan moril yang luar biasa, dan ini menimbulkan optimisme bagi kami. Ternyata Insyaallah dengan dukungan dari para kiai dan doa dari beliau-beliau ini, Insyaallah semuanya akan lancar, dipermudah,” kata Atikoh.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News