Next Post

Bertemu Ribuan Warga di Banyuwangi, Atikoh Ganjar Bicara Pencegahan Polio

istri-capres-nomor-urut-tiga-ganjar-pranowo-siti-atikoh-sup-jddk

Banyuwangi, Jawa Timur, AWN (26/1/2024) – Istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengatakan pola hidup bersih dan sehat ialah hal penting dalam mencegah seseorang terjangkiti polio.

Dia berkata demikian saat bertemu ribuan warga yang mayoritas dari kaum ibu dalam istigasah di Pendopo Yayasan Bumi Sroyo, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (24/1). 

“Sekarang ini Jawa Timur salah satu daerah yang terkait dengan polio. Jadi, penurunan folio ini (dengan, red) perilaku hidup bersih dan sehat, itu sangat penting,” kata Atikoh, Rabu.

Mantan wartawan itu mengatakan pola hidup bersih bisa dimulai dengan rajin mencuci tangan seperti dilakukan banyak warga semasa pandemi Covid-19.

“Sebetulnya kemarin ketika pandemi kita selalu, ya, cuci tangan pakai sabun, ya Bu, ke mana-mana, ya, kalau boleh sekarang tetap, ya dilanjut ya,” ujar Atikoh.

Atikoh pun mengingatkan soal imunisasi yang harus diberikan lengkap kepada anak-anak demi mencegah polio.

“Jadi, kita benar-benar, kekebalan komunitasnya itu bisa terwujud,” kata dia.

Ibunda Muhammad Zinedine Alam Ganjar kemudian menyinggung soal Indonesia pada 2014 sudah dinyatakan bebas folio oleh WHO. 

Namun, kata Atikoh, belakangan muncul kejadian luar biasa (KLB) yang menjangkiti sebelas anak-anak di Jawa Timur.

Menurut dia, setiap elemen bangsa perlu berperan mencegah seseorang terjangkiti polio yang menyebabkan kelumpuhan.

“Polio itu, kan, bisa menyebabkan kelumpuhan, ya, lumpuh layu. Jadi, jangan sampai anak-anak kita, anak cucu kita itu tertular oleh polio karena tentu akan mempengaruhi kualitas dari kesehatan anak-anak,” ungkap Atikoh.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *