Next Post

Menlu Retno Bahas Perdagangan Bilateral dengan Menlu Selandia Baru

762177_05485114032024_WhatsApp_Image_2024-03-14_at_15.34.17(1)(1)

Jakarta, AWN (16/3/2024) – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Selandia Baru Winston Raymond Peters. Keduanya membahas soal peningkatan volume perdagangan bilateral antara Indonesia dan Selandia Baru.

Awalnya, Retno mengapresiasi pertemuan dengan Selandia Baru ini merangsang lebih banyak perdagangan antara Indonesia dan Selandia Baru. Maka katanya, diperlukan evaluasi untuk melakukan tindakan ke depan.

“Saya juga sangat senang dalam pertemuan ini bahwa kita Indonesia menyampaikan apresiasi atas hasil akhir dari rencana kunjungan ke Indonesia dan membawa serta bisnis-bisnis Selandia Baru yang dapat merangsang lebih banyak perdagangan antara kedua negara kita,” kata Retno dalam jumpa pers di kantor Kemenlu RI, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

“Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi rencana tindakan baru negara yang menjadi kartu skor kami guna mengarahkan kemitraan komprehensif kami menuju komitmen ini,” sambungnya.

Ia menekankan perlunya kedua negara menyeimbangkan neraca perdagangan bilateral. Salah satunya dengan meningkatkan produk pertanian Indonesia.

 

“Saya menekankan bahwa perdagangan kita harus lebih seimbang dan oleh karena itu, Indonesia berupaya meningkatkan produk pertaniannya untuk memenuhi persyaratan keamanan hayati Selandia Baru,” ujarnya.

Selain itu, Retno dan Peters menyebutkan terkait pengakuan produk halal melalui kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) RI. Ia mengatakan saat ini isu tersebut masih dalam tahap proses.

“Masih ada beberapa masalah yang tertunda, namun saya yakin masalah itu akan segera terselesaikan. Oleh karena itu, saya menyarankan agar kedua tim kita melanjutkan konsultasi mengenai aspek teknis ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Retno turut menyambut baik rencana kunjungan Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon bersama pelaku bisnis Selandia Baru ke Jakarta tahun ini. Ia berharap kunjungan tersebut dapat memperkuat hubungan perdagangan kedua negara.

“Indonesia menyampaikan apresiasi atas rencana kunjungan PM Luxon dan mengajak para pebisnis Selandia Baru pada kunjungannya ke Jakarta mendatang yang dapat menstimulasi lebih banyak perdagangan antara kedua negara,” pungkasnya.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News