Next Post

Ketua DPR RI Puan Maharani Minta Pemerintah Jamin Harga Pangan Tetap Terjangkau Saat Ramadan

06022024_Paripurna_Sopian-7-579262632

Jakarta, AWN (14/3/2024) – Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta pemerintah menjamin harga-harga bahan pangan dan komoditas rumah tangga lainnya terjangkau di bulan Ramadan.

“Memasuki bulan Ramadan, harga-harga bahan pangan masih mengalami kenaikan di beberapa daerah. Pemerintah harus bisa segera menstabilkan harga-harga komoditas saat Ramadan demi menjaga daya beli masyarakat,” kata Puan dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (13/03/2024).

Dia mengingatkan, apabila kenaikan harga komoditas pangan tidak cepat ditanggulangi dikhawatirkan dapat menyebabkan inflasi saat bulan Ramadan.

Dia juga menyoroti masih tingginya harga beras yang belakangan dikeluhkan warga. Saat ini, harga beras medium masih berada di kisaran Rp14 ribu per kg dari sebelumnya Rp11 ribu per kg. Sementara harga beras premium masih di kisaran Rp16 ribu per kg.

“Meskipun sudah ada berbagai program yang dilakukan pemerintah, tapi harga beras masih cukup tinggi di pasaran. Perlu ada kepastian apakah program yang ada sudah tepat sehingga hasilnya maksimal,” tutur Puan.

Mantan Menko PMK itu pun meminta semua instansi, baik di pusat dan daerah, agar bekerja sama dengan sebaik-baiknya untuk memastikan stabilnya harga bahan pangan. Puan menyebut perlu ada upaya khusus yang dilakukan untuk menyiasati kenaikan harga komoditas pokok.

“Jangan sampai tidak ada perbaikan yang dapat menyebabkan harga bahan pokok semakin melambung tinggi jelang Idul Fitri nanti,” ucapnya

Dia menilai, program pasar murah untuk menekan kenaikan harga bahan pangan yang dilakukan Pemerintah perlu dibarengi dengan program-program solutif lainnya. Seperti dengan memberikan subsidi harga pangan.

“Setiap pimpinan daerah perlu menghadirkan inovasi-inovasi program untuk menstabilkan harga bahan pangan. Selesaikan permasalahan dari hulu ke hilir. Termasuk jangan sampai ada kekurangan stok pangan bagi warganya,” jelas Puan.

Di sisi lain, dia mengajak semua anggota dewan untuk turut memantau perkembangan harga komoditas pokok di dapilnya masing-masing.

“Pastikan serap aspirasi masyarakat sesuai tugas dan konstitusi DPR, serta hadirkan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat,” tandasnya.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News