Next Post

Ketua DPR RI Puan Maharani Apresiasi Keberhasilan Parlemen Prancis Gagas Women Speakers’ Summit 2024

images (72)

Paris, Prancis, AWN (7/3/2024) – Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Ketua Majelis Nasional Prancis, Madame Yaël Braun-Pivet di Palais Bourbon, gedung parlemen Prancis yang berada di Paris, Selasa (5/3/2024). Pertemuan bilateral ini dilakukan Puan dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen perempuan dunia atau Women Speakers’ Summit 2024 yang diselenggarakan di Prancis.

Dalam keterangan tertulisnya diungkapkan, selain membahas sejumlah isu dengan Madame Yaël Braun-Pivet, pada pertemuan tersebut Puan juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya Women Speakers’ Summit 2024 yang merupakan inisiatif dari Parlemen Prancis.

“Selamat Siang, bonjour, terima kasih atas kesempatan pertemuan pada siang hari ini. Saya juga ingin sampaikan ucapan selamat kepada Majelis Nasional Prancis atas inisiatif mengadakan Women Speakers’ Summit 2024,” kata Puan dalam kesempatan tersebut.

Menurut Puan, KTT Ketua Parlemen perempuan yang membahas tentang isu-isu perempuan tersebut sangat penting di saat dunia tengah mengalami berbagai krisis. Dengan berbagai pengalaman dan gagasan, para pimpinan parlemen perempuan dapat memperkuat kerja sama dalam mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Sebagai sesama pemimpin perempuan, kita harus mengupayakan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.Kita merasakan tidak mudah untuk menjadi pemimpin di dunia politik,” tutur Puan.

Ditambahkan Puan, Women Speakers’ Summit di bawah naungan Inter-Parliamentary Union (IPU) yang merupakan asosiasi parlemen negara-negara di dunia juga dapat mempercepat pencapaian tujuan sesuai target SDGs atau Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dalam hal kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Dengan fungsi penganggaran, legislasi serta pengawasan, parlemen memiliki posisi strategis dalam mempercepat pencapaian tujuan SDGs-5 ini. DPR RI telah memiliki Kaukus Perempuan Parlemen yang merupakan forum anggota DPR RI lintas partai. Semoga forum ini menghasilkan hal positif untuk kepentingan perempuan di dunia,” sebut mantan Menteri PMK itu.

Kedatangan Puan dalam acara tersebut didampingi oleh Anggota DPR RI Irine Yusiana Roba Putri dan Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar. Kedatangan Ketua DPR RI itu disambut langsung oleh Yaël Braun-Pivet didampingi sejumlah anggota Parlemen perempuan Prancis di antaranya Madame Valérie Rabault (Wakil Ketua) dan Madame Anne Genetet. (AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News