Next Post

Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Ketua DPR RI Puan Ucapkan Terima Kasih Atas Penyelenggaraan Haji 2023

Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Ketua DPR RI Puan Ucapkan Terima Kasih Atas Penyelenggaraan Haji 2023

Mekkah, Arab Saudi, AWN (6/7/2023) – Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri undangan jamuan dari Kerajaan Arab Saudi di sela-sela menunaikan ibadah haji. Bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman atau Pangeran MBS, Puan menyampaikan ucapan terima kasih atas penyelenggaraan ibadah haji 2023.

 

Pertemuan antara Puan dan Pangeran MBS yang juga merupakan Perdana Menteri Arab Saudi itu berlangsung di Istana Kerajaan Mina, Mekkah, Arab Saudi, pada Kamis (29/6/2023). Selain Puan, beberapa tokoh dari berbagai negara yang melaksanakan ibadah haji 2023 turut menjadi tamu undangan pada resepsi tahunan yang digelar Kerajaan Arab Saudi tersebut.

 

“Saya atas nama pribadi dan mewakili jemaah haji Indonesia mengucapkan terima kasih atas kebaikan Kerajaan Arab Saudi terkhusus Pangeran Muhammad Bin Salman atas kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 2023 ini,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/7/2023). 

 

Resepsi yang diselenggarakan Kerajaan Arab Saudi tersebut digelar untuk menghormati para tamu dari negara sahabat yang melaksanakan haji tahun ini. Seperti kepala negara, pejabat dan pemuka Islam, tamu undangan Raja Arab Saudi Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, badan pemerintah, dan kepala urusan haji.

 

Mengenakan busana putih berenda, Puan tampak duduk di kursi bagian depan sejajar dengan Pangeran MBS dan Menteri Arab Saudi. Puan menjadi satu-satunya perempuan yang duduk sebaris dengan putra Raja Salman itu.

 

Selain Puan, terlihat pula Raja Malaysia Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Pakistan Arif Alvi, dan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin. 

 

Sementara dari Indonesia, tampak juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

 

Pada acara resepsi itu, Puan terlihat bersalaman dan berbincang dengan Pangeran MBS. Bukan kali ini saja keduanya bertemu. Pada jamuan makan malam KTT G20 di Bali bulan November 2022, Puan bersama ibunya, Megawati Soekarnoputri, juga sempat bertemu dan berbincang bersama Pangeran MBS.

 

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini pun menyoroti eratnya hubungan kerja sama Indonesia dan kerajaan Arab Saudi yang terbukti dengan banyaknya investasi Saudi di Tanah Air. Puan mengatakan, hubungan erat kedua negara ini harus terus dibina oleh generasi penerus bangsa.

 

“Indonesia dan Arab Saudi memiliki keeratan dalam berbagai kerja sama, baik dalam investasi ataupun sejarah nasional kita yang tidak boleh kita lupakan sebagai penerus bangsa,” ungkap Puan. 

 

Dalam jamuan di Istana Kerajaan Mina, Pangeran MBS menyatakan merasa terhormat karena Arab Saudi dapat melayani penyelenggaraan ibadah haji. Ia pun berharap para jemaah berhasil menyelesaikan ritual haji mereka di hari-hari yang diberkati ini dan kembali ke negara masing-masing dengan selamat.

 

Pangeran MBS juga menyatakan Kerajaan Arab Saudi merasa terhormat untuk melayani Dua Masjid Suci sejak didirikan dan merawatnya serta telah menjadikan dua masjid tersebut sebagai prioritas kepentingan kerajaan. Dua masjid yang dimaksud itu adalah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

 

“Kerajaan telah melakukan semua upaya dan memanfaatkan semua kemampuan untuk memberikan kenyamanan dan kepastian bagi para peziarah,” kata Pangeran MBS dalam sambutannya. (AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News