Next Post

Survei Roy Morgan Ganjar Pranowo Unggul 38 Persen Di Pilpres 2024

Capres-nomor-urut-3-Ganjar-Pranowo-Dery-Ridwansah-4JPG-129909963

Jakarta, AWN (15/12/2023) – Ganjar Pranowo unggul dalam jajak pendapat terbaru Pilpres Indonesia 2024 yang digelar lembaga riset internasional Roy Morgan. Perolehan suara Ganjar Pranowo mencapai 38 persen.

Prabowo Subianto menempati urutan kedua dengan 30 persen sementara Anies Rasyid Baswedan di posisi bontot dengan 25 persen.

Survei ini dilakukan pada Juli – September 2023 dengan 2.630 pemilih Indonesia berusia 17 ke atas.

Dalam keterangan tertulis di laman Roy Morgan pada 12 Desember 2023, perolehan angka yang diperoleh mantan Gubernur Jawa Tengah itu naik 10 persen sejak kuartal Maret 2023.

Sementara suara runner-up pilpres 2019, Prabowo kali ini naik 13 persen.Untuk mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, perolehan suaranya naik 10 persen.

Dari survei kali ini, hanya ada tujuh persen pemilih di Indonesia yang belum memutuskan atau tidak memilih para kandidat.

Roy Morgan melakukan survei jajak pendapat sebelum tiga kandidat unggulan resmi mengumumkan pasangan calon wakil presidennya dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum untuk pada akhir Oktober 2023.

Pasangan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo–Mahfud MD resmi mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023.

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming resmi mendaftar pada pekan berikutnya, 25 Oktober 2023.

Persaingan telah terkonsolidasi di sekitar ketiga kandidat ini dengan koalisi partai yang mendukung masing-masing kandidat.

Partai-partai tersebut semuanya mencalonkan diri dalam pemilu legislatif yang waktunya sama dengan Pilpres yaitu 14 Februari 2024.

Ganjar mendapat dukungan koalisi partai politik yang terdiri atas PDI-P (dukungan 34,5 persen), PPP (2,5 persen), Perindo (1 persen) dan Hanura. Total 38 persen dukungan tersebar di empat partai.

Prabowo memimpin Koalisi Indonesia Maju yang terdiri atas Gerindra (16,5 persen dukungan), Demokrat (12 persen), Golkar (8 persen), PAN (2 persen) dan partai-partai kecil PSI, PBB, Garuda, Gelora dan PA semuanya dengan dukungan yang sangat kecil.Totalnya mencapai 39,5 persen penyebaran dukungan antara sembilan partai.

Sementara Anies adalah calon dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri atas PKS (10 persen), NasDem (4 persen), PKB (5 persen) dan partai kecil Unmat, PDA, SIRA dan PAS Aceh semuanya dengan dukungan yang tidak berarti.

Total mencapai 19 persen dukungan menyebar di antara tujuh partai.

Ganjar memimpin dengan kuat di Pulau Jawa, sementara Prabowo sejajar dengan Ganjar di Sumatera. Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia dengan populasi 41 persen pemilih.

Sementara penantangnya, Prabowo memiliki dukungan 29 persen dan Anies 25 persen.

Akan tetapi, di Pulau Sumatera yang merupakan pulau terpadat kedua di Indonesia, jumlah dukungan kepada Prabowo dan Ganjar sama yakni di angka 33 persen. Semenara Anies dengan 28 persen.

Menteri Pertahanan Prabowo memiliki keunggulan di dua pulau terpadat berikutnya, Sulawesi dan Kalimantan.

Di Sulawesi, Prabowo memiliki dukungan hingga 42 persen, Ganjar 33 persen dan Anies 22 persen.

Sementara di Kalimantan, Prabowo memiliki dukungan 30 persen, Ganjar 25 persen dan Anies 25 persen.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News