Next Post

Srikandi Ganjar Dorong Warga Kembangkan Budidaya Rumput Laut

028098100_1704418893-WhatsApp_Image_2024-01-04_at_18.22.13

Luwu Timur, Sulawesi Selatan, AWN (5/1/2024) – Para sukarelawan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD bernama Srikandi Ganjar menggelar Edukasi Budidaya Pembibitan Rumput Laut di Luwu Timur, Rabu (3/1/2024).

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan, Nurul Awainah mengatakan budidaya rumput laut masih memiliki potensi ekonomi yang besar meskipun termasuk produk utama yang dihasilkan di wilayah Sulawesi Selatan.

“Budidaya rumput laut merupakan salah satu jenis budidaya di bidang perikanan yang mempunyai peluang untuk dikembangkan di wilayah perairan Indonesia. Daerah penghasil utama rumput laut di Indonesia ada di 10 daerah Provinsi di Indonesia termasuk Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Pada kegiatan itu, Nurul mengatakan budidaya rumput laut dapat memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan di wilayah setempat.

Bahkan, pembudidayaannya juga disebut akan melestarikan lingkungan karena keberadaan rumput laut akan memberikan tempat berlindung bagi ikan dan makhluk laut sejenisnya sehingga populasinya bisa terus bertambah.

“Budidaya rumput laut memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi dalam negeri,” kata Nurul menambahkan.

Setelah mengikuti kegiatan kali ini, para peserta didorong untuk mempraktekan teori yang dipelajari dalam kegiatan kali ini pada pertengahan tahun ini, tepatnya antara Juli-Agustus 2024 yang akan datang.

“Rumput laut dibudidayakan pada musim timur (Juli dan Agustus) dan dipanen pada umur yang berbeda, yaitu umur panen 30 hari, 45 hari, dan 60 hari,” ujar Nurul dalam keterangan persnya.

Adapun, metode budidaya rumput laut yang digunakan dan dijelaskan oleh pemateri kegiatan kali ini adalah metode long line dengan data yang dikumpulkan berupa data berat rumput laut dan data kualitas air.

Antusias

Sementara itu, para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan yang digelar para sukarelawan Srikandi Ganjar kali ini karena bisa menambah pengetahuan dan memotivasi peserta untuk membudidayakan rumput laut.

“Warga sangat antusias dengan diadakannya giat budidaya rumput, warga menilai relawan Srikandi Ganjar sangat memperhatikan peningkatan soft skill warga dengan adanya giat tersebut,” kata Nurul meyakinkan.

Menurutnya, warga bisa mengenal lebih dekat dengan pasangan Capres-Cawapres bernomor urut tiga, Ganjar-Mahfud dari para sukarelawan Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan pada kesempatan tersebut.

“Ganjar-Mahfud dinilai sosok yang dekat dengan warga. Intensitas hubungan relawan yang cukup baik dengan warga menjadikan warga merepresentasikan sosok Ganjar-Mahfud dekat dengan warga,” ujar Nurul.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

Recent News