Next Post

Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud, Ini Harapan Petani Kopi Perempuan Kampung Palintang

petani-kopi-perempuan-kampung-palintang-deklarasi-dukung-ganjarmahfud-ini-harapannya-mmu

Bandung, Jawa Barat, AWN (13/1/2024) –Petani kopi perempuan Kampung Palintang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menggelar acara syukuran dan deklarasi dukungan untuk pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Kegiatan ini digelar dalam perayaan yang menggabungkan kebudayaan dan politik.

Acara berlangsung di Lapangan Kamdur, Lawang Gunung, Tebing Palintang pada Kamis (11/1/2024) dihadiri oleh 500 petani perempuan. Acara ini juga dihadiri oleh Sandrayati Moniaga, Ika Ardina dan Nety Rusiningsih dari Direktorat Pemberdayaan Perempuan Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud.

Dalam acara Syukuran Petani Kopi Perempuan Kampung Palintang dan Deklarasi Dukungan Ganjar Mahfud tersebut, para petani kopi perempuan menampilkan kesenian benjang serta arak-arakan kesenian Sunda.

Mereka juga membawa hasil bumi dan spanduk dukungan untuk Ganjar Mahfud. Acara ini juga menampilkan video sambutan dari Mahfud MD dan diakhiri dengan deklarasi dukungan dari para petani kopi perempuan.

Salah satu produk unggulan di Palintang, yaitu kopi, selain berbagai hasil perkebunan lain seperti jagung, pisang, sayur mayur, buah-buahan, singkong dan lainnya. 

Pohon-pohon kopi dan kebun para petani ini berada dalam lokasi lahan HPH Perum Perhutani dan PTPN VIII Bukit Tunggul. Hal ini menimbulkan ketidakpastian hak-hak para petani penggarap atas tanah yang mereka olah.

Mahfud MD yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan komitmennya untuk mewujudkan aspirasi para petani perempuan. 

“Dukungan ibu-ibu semua membuat kami bertekad kuat untuk berusaha keras mewujudkan keinginan-keinginan yang telah disampaikan. Ini termasuk kebutuhan para perempuan tani untuk mendapatkan Kartu Tani dan kepastian hak atas tanah serta akses program ekonomi mikro/UMKM untuk perempuan petani atau ibu rumah tangga,” ujar Mahfud MD. 

Mahfud juga menjelaskan, telah mempersiapkan program unggulan KTP Sakti untuk perbaikan data kependudukan dan akan merealisasikan program 1 desa, 1 faskes, 1 nakes. Berikutnya, mendorong program pendidikan gratis, termasuk sekolah gratis 12 tahun dan SMK gratis untuk keluarga tidak mampu, dengan akses internet gratis. 

Selain itu, Ganjar-Mahfud akan mengembangkan dan menyempurnakan program reforma agraria yang dapat dinikmati oleh petani penggarap, termasuk petani perempuan di Kampung Palintang. 

Acara ditutup dengan deklarasi dukungan dari petani kopi perempuan Kampung Palintang, Kabupaten Bandung kepada pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. 

Dalam deklarasi yang dibacakan, mereka menyatakan keyakinan bahwa Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi, seperti masalah hak atas tanah dan akses ke program ekonomi mikro/UMKM. 

Mereka berkomitmen untuk mendukung penuh dan memenangkan Ganjar-Mahfud, mengawal jalannya Pemilu yang bebas dan adil, serta menjaga demokrasi yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

“Deklarasi dukungan ini menandai komitmen kuat dari komunitas petani kopi perempuan di Kampung Palintang terhadap kepemimpinan nasional yang inklusif dan berintegritas,” kata Sandrayati Moniaga yang didampingi Ika Ardina dan Nety Rusiningsih. 

Menurutnya, acara ini tidak hanya menegaskan dukungan politik dari petani kopi perempuan Kampung Palintang, tetapi juga merayakan kekayaan budaya dan kekuatan perempuan dalam kontribusi mereka terhadap masyarakat dan politik di Indonesia.(AWN)

asiawomennews

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *